Updates

Menemukan Kebahagiaan Dalam Diri Sendiri

oleh Rahsa Nusantara on Dec 26, 2020

Menemukan Kebahagiaan Dalam Diri Sendiri

Semua orang pasti ingin bahagia. Kita liburan ke luar negeri, makan di tempat terbaik, belanja di mall, dan melakukan aktivitas-aktivitas lain untuk mencoba merasakan kebahagiaan. Tidak ada yang salah dengan semua itu.

Tapi bagaimana kalau kebahagiaan sebenarnya bisa kita dapatkan dengan cara yang lebih sederhana?

Kebahagiaan bisa kita temukan dalam diri kita sendiri. Kita tidak harus bergantung pada apa yang terjadi di dunia luar. Karena kebahagiaan pada dasarnya adalah sebuah keadaan pikiran (state of mind). Kita bisa merasa bahagia dalam kondisi apa aja, kalau kita mau berusaha. Sulit memang, tapi tidak mustahil.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan kebahagiaan dalam diri sendiri.

 

  1. Bersyukur Atas Segala yang Kamu Miliki

Mengharapkan sesuatu yang belum tentu akan terjadi kadang bisa membuat kamu stres. Misalnya menunggu gaji atau jabatan yang tidak kunjung naik. Menginginkan sesuatu yang belum kamu punya seperti mobil atau rumah baru juga sama.

Padahal kebahagiaan datang bukan ketika kamu mendapatkan apa-apa yang kamu inginkan, tapi ketika kamu mensyukuri apa-apa yang kamu miliki. Syukuri kenyataan bahwa kamu masih dikaruniai pekerjaan, kesehatan, dan keluarga yang tidak pernah berhenti menyayangi.

  1. Menghidupkan Kembali Hobi yang Hilang

Tuntutan hidup kadang membuat kamu tidak punya waktu lagi untuk meng-explore rasa pensaran. Waktu yang kamu punya habis untuk bekerja dan menyelesaikan tanggung jawab lain. Hobi yang dulu kamu sering lakukan akhirnya menghilang begitu saja.

Meluangkan waktu untuk hobi sangat penting untuk kebahagiaan. Hobi apa saja, baik itu menulis, bermain piano, atau memasak, baiknya kamu hidupkan kembali agar keseharian terasa lebih cerah dari biasanya.

  1. Olahraga Kapan Pun Kamu Bisa

Tubuh yang jarang bergerak atau kebanyakan duduk seringkali diasosiasikan dengan berbagai penyakit. Wajar, karena manusia memang tidak diciptakan untuk berdiam diri, tapi untuk bergerak bebas. Sulit untuk merasa bahagia kalau kamu tidak nyaman dengan tubuh sendiri.

Olahraga rutin adalah cara yang paling sederhana untuk bahagia. Rutin olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga mental. Tidak harus olahraga berat karena yang ringan juga sudah cukup untuk merasakan efeknya.

  1. Bangkitkan Sisi Spiritual

Selain kebutuhan fisik, emosional, dan intelektual, manusia juga memiliki kebutuhan spiritual yang harus dipenuhi. Manusia akan sulit merasa bahagia kalau belum menjalin hubungan yang baik dengan sang pencipta.

Membangkitkan kembali spiritual bisa dimulai dengan melakukan salah satu ritual yang ada dalam agama. Atau bisa juga dengan melakukan meditasi. Sesederhana melihat alam sekitar dan merenungi hidup juga bisa membuat kamu tenang dan bahagia.

  1. Jalin Hubungan dengan Diri Sendiri (Holiday Season at Home)

Kita tinggal di dunia yang arus informasinya begitu deras. Mungkin ada ribuan informasi dari internet, terutama dari media sosial, yang kita lihat dalam satu hari. Keputusan yang kita ambil sehari-hari, kemungkinan besar terpengaruh oleh informasi tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk menemukan kebahagiaan adalah dengan mendengarkan kata hati yang paling dalam. Manfaatkan waktu liburan di rumah untuk memahami perasaan yang selama ini mungkin belum sempat kamu cerna.

 

Kalau kamu ingin menikmati liburan di rumah sambil menyeduh kehangatan yang menyehatkan, kamu wajib banget coba Tisane Rahsa by Nusantara.

Tisane merupakan bahan-bahan keringan yang bisa diseduh dengan air panas sehingga kamu bisa menikmati minuman khas nusantara kapanpun dan di manapun.

Varian yang tersedia ada Teh Rempah, Jahe Telang, Bandrek, dan Anggur Sultan.

Yuk, coba sekarang!

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan

Instagram