Updates

5 Kiat Supaya Bangun Tidur dengan Perasaan Segar

oleh Rahsa Nusantara on Dec 30, 2020

5 Kiat Supaya Bangun Tidur dengan Perasaan Segar

Tidur adalah aktivitas penting yang memungkinkan tubuh untuk beristirahat. Tidur mengumpulkan kembali energi agar kita bisa berkegiatan keesokan hari. Tapi kenapa kadang kita malah merasa letih, lesu, dan lunglai setelah bangun tidur?

Kita mengira masalahnya terletak pada jam tidur yang terhitung masih kurang. Tapi walaupun sudah tidur selama 7 sampai 8 jam, perasaan lemas setelah bangun tidur kadang juga masih ada. Tidak perlu khawatir, semua orang pasti pernah merasakannya.

Berikut 5 hal yang bisa kamu lakukan agar bisa bangun tidur dalam keadaan segar.

  1. Tingkatkan Kualitas Tidur

Tidur bukan hanya urusan kuantitas tapi juga kualitas. Percuma tidur panjang kalau tidak bermanfaat sama sekali. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur.

Pertama, kamu bisa mengurangi penggunaan smartphone sebelum tidur. Kedua, coba mematikan lampu ruangan agar tubuh terstimulasi untuk segera tidur. Terakhir, hindari kopi  dan makanan berat beberapa jam sebelum tidur.

  1. Segera Bangun dari Tempat Tidur

Leyeh-leyeh di kasur setelah bangun tidur memang adalah salah satu kenikmatan dunia yang tidak bisa dipungkiri. Melihat media sosial atau sekadar mengecek berita sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang. Tapi itu kebiasaan yang kurang baik sebenarnya.

Terlalu lama tiduran-tiduran di kasur setelah bangun tidur membuat kamu merasa ngantuk kembali. Apalagi kalau ditambah selimut, kan? Baiknya sih kamu segera bangun dan melakukan aktivitas, setidaknya 5 menit setelah terbangun dari tidur.

  1. Biarkan Cahaya Sebanyak-Banyaknya Masuk ke Ruangan

Tubuh punya hormon melatonin yang bertugas menjaga siklus tidur dan bangun kita. Mungkin bisa juga disebut jam biologis. Tubuh akan memproduksi melatonin saat malam hari. Itulah alasan kenapa kita merasa mengantuk kalau sudah malam.

Melatonin juga terpengaruh oleh cahaya. Kalau tubuh terpapar cahaya, maka kadar melatonin dalam tubuh akan berkurang. Jadi jangan lupa untuk membuka jendela atau menyalakan lampu setelah bangun tidur.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Setelah bangun tidur, kamu pasti punya waktu setidaknya beberapa menit sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Kalau kamu masih bingung harus melakukan apa, maka olahraga ringan bisa menjadi pilihan yang sangat baik.

Olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau bahkan sebatas stretching bisa membuatmu lebih semangat menjalani hari. Menggerakan tubuh juga menghasilkan hormon endorfin, hormon yang membuat kita merasa senang.

  1. Langsung Minum Air Putih

Kita kadang tidak menyadari bahwa kita tidur untuk waktu yang lumayan lama. Dan selama tidur, kita sama seperti puasa karena memang tidak makan dan minum sama sekali. Jadi tidak aneh jika tubuh merasa agak berbeda dari biasanya setelah bangun tidur.

Kamu bisa meningkatkan kesegaran di pagi hari dengan meminum air putih langsung setelah bangun tidur. Siapkan segelas air putih di sebelah tempat tidur. Minum air putih di pagi hari juga dapat meningkatkan imunitas.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan

Instagram